DANA Itu Milik Bank Apa

Dompet digital (e-wallet) DANA yang resmi diluncurkan pada tahun2018 ini sekarang namanya sudah meroket dan dikenal banyak orang. Namun siapa yang penasaran DANA itu milik Bank apa ya?

Sebelumnya, DANA adalah aplikasi dompet digital yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi non tunai dan non kartu secara digital. Tak hanya secara online, kamu bisa bertransaksi secara offline.

Banyak yang memilih menyimpan saldo atau tabungan di DANA karena dinilai praktis dan terjamin keamanannya. Jadi, untuk mengetahui informasi lebih lanjut, simak artikel ini hingga selesai ya!

DANA Milik Bank Apa?

Seiring berkembangnya teknologi, kamu bisa kirim uang bebas biaya transfer salah satunya dengan aplikasi DANA. Dengan menggunakan DANA, kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi elektronik melalui berbagai layanan yang tersedia, seperti cek, tambah saldo DANA, transfer bank, kartu kredit, dan setor tunai ke minimarket. Lalu siapakah pemilik DANA?

DANA merupakan dompet digital yang dikembankan oleh perusahaan rintisan (startup) yakni PT. Espay Debit Indonesia Koe. Secara resmi, DANA diperkenalkan sebagai salah satu pembayaran digital Indonesia pada 21 Maret 2018. Berbasis open-platform, DANA disebut menjadi solusi bagi kegiatan transaksi digital non0tunai baik secara online maupun offline. Dipimpin oleh Vincent Henry Iswaratioso, Country Head Alipay Indonesia yang sebelumnya juga menjabat sebagai co-founder dari layanan payment digital INDOMOG.

Namun, sebagai salah satu teknologi keuangan yang resmi di Indonesia, DANA telah mendapat izin dari Bank Indonesia (BI). Artinya, DANA telah memenuhi ketentuan dan regulasi yang ditetapkan oleh BI. Disamping itu, DANA pun bekerjasama dengan bank nasional seperti berikut ini:

  • BCA
  • Mandiri
  • BRI
  • BNI
  • CIMB Niaga
  • Bank Permata
  • BTN
  • Panin Bank
  • Bank Sinar Mas

Beberapa Fakta Menarik Mengenai DANA

Aplikasi DANA saat ini banyak digunakan oleh masyarkarat Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan dibanding dompet digital lainnya. Selain karena telah mendapat izin dari Bank Indonesia (BI), DANA memiliki beberapa fakta menarik seperti berikut ini.

1. Produk Asli Buatan Anak Bangsa

Sempat muncul rumor bahwa DANA merupakan produk dompet digital asal Cina yang bisa mengancam kedaulatan Indonesia. Padahal DANA adalah aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh programmer muda Indonesia. Bahkan startup pengembangnya pun berbadan hukum Indonesia, dengan PT. Elang Sejahtera Mandiri sebagai investor utamanya (kepemilikan 99%).

2. Data Transaksi dan Pengguna Tetap Berada di Indonesia

Walaupun bekerjasama dengan perusahaan luar negeri, DANA dompet digital Indonesia memastikan bahwa seluruh data transaksi dan penggunanya tetap berada di Indonesia. Begitu juga dengan knowledge sharing di kalangan para progammer-nya. Selain itu, kamu perlu tahu bahwa baik data center dan data recovery center milik DANA juga berada di Indonesia.

3. Izin dari BI serta Kerjsama dengan Bank Ternama

Aplikasi DANA sudah jelas keamanannya karena sudah mendapat izin langsung dari Bank Indonesia (BI). Hal itu yang membuat masyarakat mulai menggunakan dompet digital ini. Selain menjadi lebih praktis, metode cashless ini merupakan metode yang sudah dijalankan di beberapa negara maju. DANA juga bekerjasama dengan bank nasional ternama seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, Bank Permata, Panin Pank, BTN, dan Bank Sinar Mas.

4. Terintegrasi dengan Sistem Dukcapil Kementrian Dalam Negeri

DANA sudah terintegrasi dengan sistem kependudukan catatan sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri, lho! Adanya integrasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi akun DANA hanya dalam waktu beberapa detik. Bahkan DANA diklaim sebagai satu-satunya platform yang mampu melakukan approval dan registrasi secara real-time.

Akhir Kata

Nah itu tadi informasi yang kami bagikan mengenai DANA dan kepemilikannya. Kesimpulannya, DANA tidak dimiliki oleh Bank apapun, namun telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI). DANA sendiri bekerjasama dengan Bank Nasional ternama di Indonesia.

Jadi apakah kamu sudah memiliki akun DANA? Dengan DANA, masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan. Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga!

Simak artikel kami yang lain seperti Contoh Bank Umum. Semoga artikel dari kami dapat bermanfaat dan membantu ya!

Baca Juga: