Apa itu No Dokumen PayPal? Berikut Penjelasannya!

Paypal saat ini menjadi salah satu metode pembayaran internasional yang banyak diminati. Hal itu dikarenakan menggunakan Paypal itu mudah seperti menggunakan e-wallet yang biasa kita gunakan seperti Dana, OVO, Gopay dan lainnya. Akan tetapi ada beberapa fitur atau kosa kata yang sedikit membingungkan sebagai contoh adalah nomor dokumen Paypal, sebagai orang awam pasti kita bingung apa itu no dokumen Paypal dan apakah sama dengan id transaksi di Paypal? untuk menjawab pertanyaan ini silahkan teman-teman simak pembahasannya sampai selesai ya!

Sebelum melanjutkan pemabahasan ini lebih detail lagi, apakah kalian sudah pernah menggunakan PayPal? jika belum Bisatransfer.com akan menjelaskan terlebih dahulu.

Secara sederhana Paypal memiliki fungsi yang sama dengan mobile banking maupun e-wallet. Namun salah satu kelebihan PayPal adalah kita bisa mengirim atau menerima uang dari luar negeri dalam bentuk USD maupun mata uang yang lainnya.

Sehingga saat kita ingin berbelanja secara online di negara yang berbeda kita tetap dapat melakukannya. Ngomongin soal belanja menggunakan akun Paypal nantinya akan berhubungan dengan yang namanya nomor dokumen atau id transaksi di Paypal.

Untuk jawaban dari pertanyaan tersebut silahkan teman-teman bisa lihat pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Nomor Dokumen Paypal?

nomor dokumen paypal

Coba kalian lihat gambar yang ada di atas di sana terdapat ID transaksi yang menunjukan kode unik yang terdiri dari huruf dan angka. Nah, itulah yang dimaskudkan dengan nomor dokumen Paypal.

Salah satu fungsi dari no dokumen tersebut adalah untuk mengidentifikasi dan melacak dari transaksi yang sudah kamu lakukan. Misalnya saat kita akan membeli barang, mengirim uang dan menerima uang dari teman dan keluarga.

Setiap transaksi yang kita lakukan pasti memiliki no dokumen Paypal yang berbeda. Tidak mungkin jika nomor id transaksi tersebut sama karena hal itu sudah otomatis dibuat oleh Paypal untuk mengurangi tindakan kecurangan ataupun yang lainnya.

Oleh karena itu jika kamu melakukan transaksi maka kamu harus memperhatikan dengan seksama nomor dokumen atau id transaksi dari setiap aktivitas di akun PayPal kalian.

Cara Melacak Nomor Dokumen di Paypal

Apabila kamu sudah paham tentang apa itu no dokumen Paypal beserta dengan fungsinya, maka sekarang kita akan membahas cara cek atau melacak nomor dokumen tersebut melalui platform PayPal secara langsung.

  • Login ke Paypal: Langkah yang pertama adalah masuk ke situs web atau aplikasi Paypal menggunakan akun pribadi kalian. Masukan email dan password yang benar.
  • Memilih Aktivitas: Apabila kamu sudah berhasil masuk ke dalam platform tersebut maka kamu bisa klik menu “aktivitas” atau “riwayat” yang berada di menu navigasi. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman riwayat transaksi terbaru.
  • Memilih rentan waktu: Jika no dokumen transaksi yang kamu cari sudah tertumpuk dengan transaksi-transaksi yang baru, maka kamu bisa memfilter aktivitas atau riwayat transaksi yang kamu lakukan. Silahkan pilih periode transaksi yang kamu butuhkan.
  • Memilih Transaski: Apabila kamu sudah memfilter riwayat transaksi sekarang kamu bisa memilih transaksi mana yang ingin kamu lihat id atau nomor dokumennya. Jika sudah ketemu lalu klik transaksi tersebut agar terlihat rincian transaksinya.
  • Melihat ID Transaksi atau Nomor Dokumen: Scroll hjngga ke bagian bawah detail transaksi hingga menemukan id transaksi. Nah, ID transaksi tersebut merupakan nomor dokumen Paypal yang berisikan kode unik yang terdiri dari huruf dan angka. Setiap transaksi memiliki kode unik yang berbeda-beda.

Akhir Kata

Perlu diingat bahwa no dokumen di Paypal itu sangat penting, karena nomor tersebut merupakan nomor identifikasi unik yang tidak dimiliki oleh siapapun. Dengan nomor tersebut kamu juga bisa melacak transaksi dari yang kamu lakukan.

Tentu saja dengan kode tersebut transaksi yang kita lakukan akan semakin aman. Misalnya saat kamu ingin convert Paypal di platform yang sudah kamu pilih dan menurutmu amanah dan terpercaya.

Baca Juga: